Nyeri Punggung Hebat – Low Back Pain

Nyeri punggung hebat atau low back pain merupakan sakit yang terletak di bagian bawah tulang belakang. Bagian tersebut merupakan unit penting yang tersusun atas susunan tulang belakang, sumsum tulang belakang (fungsi syaraf), ligamen, cakram antara vertebrata dan otot. Jika terjadi trauma di bagian punggung tersebut, bisa mengakibatkan rasa sakit yang mengganggu hingga beberapa hari. Pada beberapa kasus yang sama kejadian tersebut bisa berlangsung beberapa waktu yang cukup lama.
Low Back Pain
Low Back Pain

Langkah Untuk Mengurangi Sakit Low Back Pain

  1. Memberikan kompresan Saat Anda mengalami nyeri punggung bawah, pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengompres. Dengan mengompres bagian nyeri, itu akan meredakan saraf dan otot yang menegang hingga menimbulkan rasa nyeri. Pertama, Anda bisa mengompres bagian yang sakit selama 1 sampai 2 hari, selama 20 menit tiap sesinya. Mengapa begitu lama? Karena tahap ini merupakan tahap peradangan awal yang butuh diberikan penanganan sederhana. Setelah rasa nyeri mulai mereda, barulah boleh Anda menggunakan kompresan hangat pada bagian punggung yang sakit.
  2. Tidur di posisi dan kasur yang nyaman Atur posisi tidur Anda dengan nyaman, tempatkan punggung Anda pada posisi tegak dan lurus. Usahakan leher, punggung, dan tulang ekor bawah sejajar, maksudnya adalah jangan gunakan bantal atau penyangga di kepala dahulu. Mengapa posisi dan alas tidur penting? Karena tiap jenis-jenis tiap orang berbeda, disesuaikan dengan struktur tubuh, ukuran tubuh, dan kenyamanan yang didapat, sehingga penting dalam masa pemulihan low back pain tersebut.
  3. Minum obat pereda rasa nyeri Jika dirasa nyeri punggung bawah yang Anda alami sakit tak tertahankan, boleh Anda meminum obat pereda nyeri yang dijual di apotek. Obat jenis ini memang diperlukan untuk menghilangkan nyeri saraf pada tubuh. Tapi ingat, obat ini tidak bisa Anda gunakan terus menerus. Anda harus mulai membenahi gaya hidup dan kesehatan Anda, contohnya dengan melakukan peregangan pada otot-otot bagian belakang setelah Anda selesai berolahraga. Yang sebaiknya dihindari saat low back pain
  4. Jangan duduk dan diam saja Kalau Anda pikir low back pain bisa disembuhkan dengan mengistirahatkan tubuh, Anda salah kaprah. Tubuh, saraf, dan otot belakang Anda memerlukan peregangan ketika mereka meradang. Bangun dan regangkan badan Anda setiap 20 menit sekali. Jangan lupa regangkan kaki dan bagian tangan Anda.
  5. Makan terlalu banyak Nyatanya, makan terlalu banyak bisa membuat low back pain makin parah. Tubuh yang kian meningkat bobotnya, dapat memberikan kontribusi untuk gejala yang berhubungan dengan tulang belakang, seperti osteoporosis, osteoarthritis, reumatik, dan stenosis tulang belakang.
  6. Mengangkat barang berat Seperti yang diketahui, low back pain bisa disebabkan gaya, daya, dan posisi yang salah saat Anda mengangkat barang berat. Sangat tidak dianjurkan untuk mengangkat barang terlalu berat. Kalaupun Anda terpaksa, lakukan dengan posisi seperti yang dianjurkan di bawah ini: Ketika ingin mengangkat, angkat dari jarak yang dekat Posisikan siku Anda menekuk, dan tekuk lutut Anda. Angkat berawal dari kaki dan naik ke otot perut Saat benda telah berada di dekapan, jangan sekali-kali memutar-mutar badan
  7.  Jangan duduk dengan posisi sembarangan Kalau pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk duduk dan berdiam dalam jangka waktu yang lama, pastikan kursi Anda memiliki sandaran yang lurus, sesuaikan dengan sandaran lengan juga agar nyaman. Berikan bantalan di bagian punggung bawah. Jangan lupa untuk meregangkan tubuh Anda setiap 30 menit sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *