Saat seseorang terkena stroke, sel-sel di otak termasuk sel syaraf akan banyak mengalami kerusakan. Hal ini membuat para pengidap stroke mengalami gangguan daya ingat serta gangguan otot, sehingga tidak dapat menggerakkan anggota tubuhnya.

Problematika Pasca Stroke

  1. Pasien menjadi malas atau takut untuk menggerakkan tubuh
  2. Gangguan motorik dan keseimbangan
  3. Gangguan sensoris, dalam beberapa kasus terjadi gangguan pendengaran dan visual
  4. Gangguan postur dan koordinasi
  5. Gangguan emosi seperti mudah marah, mudah sedih
  6. Munculnya rasa nyeri di otot.

Umumnya fisioterapi stroke dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan pasca terjadinya stroke dan menghindari terjadinya komplikasi yang dapat memperlambat proses pemulihan.

Dalam program fisioterapi stroke, terapis juga akan memberi tahu anda bagaimana posisi yang tepat untuk berbaring dan juga cara duduk yang aman. Selain itu, terapis akan membantu memotivasi anda untuk terlibat aktif dan mempelajari gerakan-gerakan normal tubuh dalam setiap sesi fisioterapi stroke.

Beberapa Manfaat Fisioterapi pada Pasien Stroke

1. Meningkatkan kemampuan bergerak

Pada pasien stroke terjadi kelemahan dan kekakuan otot sehingga mengakibatkan terjadinya kesulitan dalam bergerak, terapis akan membantu anda yang mengalami gangguan dalam berdiri, berjalan, dan bergerak pasca stroke.

2. Mengurangi rasa sakit

Pada pasien stroke, mereka tidak hanya mengalami kelemahan anggota gerak, namun disertai oleh rasa nyeri terutama saat menggerakkan salah satu anggota tubuh. Di Poli Fisioterapi RST dr. Soedjono, terapis akan menggunakan terapi stimulasi listrik , ulrasound, terapi panas, dll.

3. Menjadi dukungan moral bagi pasien stroke Dengan hilangnya fungsi dasar tubuh, mengakibatkan para pasien stroke tidak dapat menjalankan aktivitas secara mandiri. Para terapis akan memberikan support dalam peningkatan rasa percaya diri dan semangat para pasien stroke.

4. Memberi edukasi untuk keluarga

Tidak kalah penting untuk memberi edukasi keluarga bagaimana cara membantu pasien stroke yang sedang dalam masa pemulihan.

Fisioterapi Pada Pasien Pasca Stroke