Hari fisioterapi sedunia jatuh setiap tahun pada tanggal 8 September. Pada tahun 2021 diperingati sebagai fokus pada Long Covid. Saat ini data menunjukkan seperempat masyarakat yang sudah pernah terinfeksi virus corona mengalami beberapa gejala yang berlangsung selama kurang lebih 1 bulan, lebih dari 1 sampai 10 orang merasakan gejala atau belum pulih sempurna hingga 1-2 minggu, bahkan ada yang memiliki gejala berkelanjutan selama lebih dari 6 bulan. Kondisi ini yang disebut dengan Pasca Covid atau disebut sebagai Long Covid.

Long Covid berdampak pada kemampuan fungsional seseorang, kehidupan sosial dan keluarga, kemampuan bekerja, dan kualitas hidup. Fisioterapis berperan penting dalam pemulihan rehabilitasi pada penderita Long Covid agar proses pemulihan menjadi optimal. Unit Fisioterapi RST dr. Soedjono di awal terjadinya pandemi Covid-19 telah melakukan berbagai pendekatan rehabilitasi yang aman untuk orang yang hidup dengan Long Covid.

Seperti halnya pasien Covid yang menjalani perawatan di ICU menggunakan ventilator dan mengalami koma, cenderung mengalami pemulihan lebih lambat. Oleh karena itu diperlukan perawatan fisioterapi dengan tenaga yang lebih handal dan peralatan yang lengkap seperti di Unit Fisioterapi RST dr. Soedjono Magelang.

RST dr. Soedjono Memperingati Hari Fisioterapi Dunia 2021