Cervical root syndrome merupakan suatu kumpulan gejala yang terjadi akibat penekanan atau iritasi dalam foramen intervertebralis dan memberikan keluhan subjektif dan atau objektif sesuai dengan distribusi dermatom atau miotom saraf spinal. CRS sendiri diakibatkan oleh berbagai sebab, salah satunya trauma. Selain itu bisa diakibatkan juga karena terdapat Spondylosis Cervicalis.


Spondilosis servikalis ini sering didapatkan pada pasien yang berusia lanjut dan merupakan penyebab terbanyak disfungsi medula spinalis pada pasien yang berusia lebih dari 55 tahun dan paling sering menyebabkan nyeri pada daerah leher hingga leher menjadi kaku. Apabila telah terjadi penekanan pada akar saraf spinal, maka dapat menimbulkan gejala neurologis seperti rasa kesemutan hingga rasa tebal dan kelemahan pada tangan.


Secara biomekanika, akar saraf servikal yang paling sering terkena adalah C5 dan C6, hal ini disebabkan karena pada segmen tersebut merupakan yang paling sering bergerak (mobile), sehingga gejala yang sering dikeluhkan pasien adalah pada distribusi akar saraf tersebut.

Standard Pelayanan Fisioterapi Cervical Syndrome