Laporan Survey Kepuasan Masyarakat TW IV 2021

Seiring dengan kemajuan teknologi dan tuntutan masyarakat dalam hal pelayanan, maka unit penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk memenuhi harapan masyarakat dalam melakukan pelayanan. Pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah saat ini dirasakan belum memenuhi harapan masyarakat. Hal ini dapat diketahui dari berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan melalui media massa dan jejaring sosial. Tentunya keluhan tersebut, jika tidak ditangani memberikan dampak buruk terhadap pemerintah. Lebih jauh lagi adalah dapat menimbulkan ketidakpercayaan dari masyarakat.

Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan survei kepuasan masyarakat kepada pengguna layanan dengan mengukur kepuasan masyarakat pengguna layanan. Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan Rumah sakit Tk.II dr. Soedjono sesuai dengan Peraturan yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB Nomor 14 Tahun 2017).

Dengan SKM diharapkan dapat mengetahui mutu layanan dan kinerja setiap unsur pelayanan, serta mengetahui tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan atas layanan yang diberikan Rumah sakit Tk.II dr. Soedjono. Diharapkan hasil survei ini mampu meningkatkan kualitas pelayanan, penataan sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan sehingga pelayanan menjadi lebih berkualitas, serta menumbuhkan prakarsa dan peran serta customer dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan di Rumah sakit Tk.II dr. Soedjono Magelang.

Berdasarkan hal tersebut, maka Rumah sakit Tk.II 04.05.01 dr. Soedjono melaksanakan survei terhadap kepuasan masyarakat pelayanan kesehatan yang dilakukan secara rutin setiap tiga bulan sekali. Hasil survei akan dijadikan dasar untuk melakukan pembinaan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. Selengkapnya bisa didownload di sini.

Hasil Survey Penilaian Per Unsur