Bedah Endovaskuler

Bedah endovaskular adalah teknik bedah minimal invasif (hanya memerlukan sayatan kecil) untuk mengobati berbagai penyakit. Teknik ini memungkinkan dokter bedah untuk mengakses bagian yang sakit melalui pembuluh darah utama. Dilakukan dengan memasukan kateter melalui sayatan kecil di permukaan kulit, hingga melewati pembuluh darah utama (biasanya arteri femoral atau arteri yang terletak di dekat lipat paha, namun juga bisa arteri radial/brakial yang terletak di lengan atau arteri pedal di kaki).

Berita gembira bagi masyarakat Magelang, saat ini di RST dr. Soedjono Magelang sudah menambah layanan klinik bedah vaskuler dengan bergabungnya dokter Subspesialis Bedah Vaskuler yaitu dr. Ahmad Daenuri, SpB.SubBVE
Layanan poli bedah vaskuler di RST dr. Soedjono Magelang bisa di akses setiap hari Senin, Rabu, Jumat jam 14.00 WIB sampai dengan jam 16.00 WIB. Dengan adanya layanan bedah vaskuler maka tindakan bedah minimal invasif bagi kelainan pembuluh Darah juga bisa dilakukan di RST dr Soedjono.

Pada hari Senin tanggal 24 Januari 2022, telah di lakukan Bedah Endovaskuler Pertama dan Perdana di RST, di Magelang bahkan di Karesidenan Kedu.

Kasus tersebut adalah kasus penyempitan pembuluh darah yang diderita oleh seorang aki-laki berusia 30 th dengan keluhan pembengkakan lengan kiri, yang semakin hari semakin membesar. Dari pemeriksaan yang dilakukan diketahui bahwa pasien tersebut mengalami Stenosis Vena Sentral (penyempitan vena besar di bahu) yang mengakibatkan aliran balik darah dari lengan terganggu. Untuk mengatasi kelainan tersebut penyempitan pembuluh darah tersebut harus diperbaiki, sehingga direncanakan untuk di lakukan Angioplasty (pembukaan pembuuh Darah yang menyempit) dengan menggunakan balon berukuran 12 mm. Setelah dilakukan angioplasty, bagian yang menyempit berhasil dihilangkan. Untuk tindakan ini, pasien Hanya menjalani perawatan selama 2 hari, Dan pada saat kontrol 1 Minggu kemudian, keluhan pembengkakan lengan sudah membaik.

Klinis Pasien Sebelum dan Setelah Opereasi
Pembuluh darah yang menyempit, dan setelah balon dikembangkan
Posisi Pasien dan Operator
Tim Endovaskuler